Mengenal batuk dan hubungannya dengan tubuh kita

Siapa yang tidak kenal dengan batuk? Salah satu fenomena ajaib tubuh kita untuk mengeluarkan sesuatu dari tenggorokan. Ya, batuk adalah efek dari masuknya sesuatu yang seharusnya tidak ada ke dalam tenggorokan kita.

Jika ditelaah lebih lanjut, batuk adalah lingkaran setan yang tidak bisa berakhir. Mengapa demikian? Mari kita lihat.

Pada umumnya batuk terjadi karena tenggorokan kita terluka/radang sehingga respon otomatis tubuh, yaitu dahak/lendir, menjadi aktif. Dahak atau lendir ini berfungsi untuk melindungi luka/radang pada tenggorokan agar tidak bertambah parah. Namun sebagai konsekuensinya adalah… batuk.

Karena dahak tidak seharusnya ada di tenggorokan kita, sehingga tubuh kita yang keren ini berinisiatif untuk mengeluarkannya lewat batuk. Dan yang lebih parah adalah, batuk bisa mengakibatkan tenggorokan kamu terluka. Efeknya adalah… lebih banyak dahak… sehingga…. Semakin batuk…. Semakin terluka… semakin berdahak… dan begitu seterusnya.

Oleh karena itu, biasanya kita diberi antibiotik untuk memerangi peradangan di tenggorokan. Dengan demikian, dahak berkurang dan akhirnya batukpun berkurang. Memang tanpa antibiotik pun, tubuh kita yang keren ini bisa menyembuhkan peradangan tersebut, tapi membutuhkan waktu yang cukup lama dan harus disertai konsumsi yang super bergizi (sebagai bahan bakarnya J).

~ by Tiga Dewa on January.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: